Pages

Sabtu, 23 November 2013

Ketika Hitungan dan Hafalan Menjadi Makanan Siswa Sehari-hari

eSeF_Collection
Assalamu'alaykum Wr. Wb. Salam Ukhuwah..^^


Hanya sekedar sharing saja...
Indonesia... yah negeri ini memang negeri yang kaya. Bener-bener kaya deh, terutama Sumber Daya Alamnya. Buktinya batu dan tongkat aja bisa jadi tanaman. Gimana ga keren tuh, eh maksudnya kaya tuh hehe... just di Indonesia ajah. Tapi, ga cuma kaya  dari sisi itu aja. Sumber Daya Manusia nya juga ga kalah kaya loh sob, bayangkan sudah berapa banyak penduduk Indonesia Tahun ini. Ada yang tau? mungkin sekitar 200 juta-an ya? banyak banget kan?. yang saya tahu sih Negeri Cina tetep yang paling banyak di dunia, Indonesia pokoknya salah satunya deh dari yang terbanyak, kalo ga salah sih ke-5 terbanyak. Kalo masih ragu coba cari di si "Google" yah..hehe.
Saya tinggalkan SDM nya dulu yah, saya hanya ingin membahas di Sumber Daya Manusianya aja, hehe..Ini berdasarkan penglihatan yang saya liat saja selama ini. Ini juga yang saya rasakan selama ini dari mulai saya SD malah (maaf saya ga TK dulu) bahkan sampai saya kuliah. Siswa-siswi kita tidak terlepas dari namanya hitungan, hafalan juga. Dimulai dari SD sudah belajar hitungan seperti matematika, dan hafalan seprti IPS, dll. bahkan dari kelas 1 harus sudah bisa baca tulis hitung (CALISTUNG), nilai harus sesuai KKM, kalo ga nyampe KKM ada yang namanya remedial, Bahkan ada UN juga loh. Aduuuh...kasihan sekali saya melihatnya. Dan selanjutnya SMP, SMA sama saja bahkan semakin sulit. Apa yang mereka hafal? Ya, betul sekali.. Rumus-Rumus yang bisa dibilang cukup sulit dihafal (menurut saya sih sulit..hehe). Hmm.. jadi double donk, menghitung plus menghafal juga, Biasanya ini untuk anak-anak jurusan IPA. Tapi, apakah untuk anak-anak jurusan IPS berbeda?. Menurut saya sih ga jauh beda, tetep aja ada hitungan dan hafalan walaupun hafalan lebih mendominasi.

Siswa dikatakan berhasil jika bisa menyelesaikan soal-soal seperti hitungan dan hafalan. Apakah yang seperti itu dinamakan berhasil dalam belajar? Inilah yang terjadi di Indonesia saat ini. Guru-guru hanya bisa membuat anak bisa mengerjakan soal-soal yang seperti itu. Sehingga muncullah berbagai macam bentuk bimbel, les, atau segala macam lah yang banyak sekali tersebar di seluruh pelosok (lebay banget ya?). Mereka saling memberikan pelayanan pemecahan soal-soal dengan tips-tips jitunya. Akhirnya banyak orang tua siswa-siswi beramai-ramai mendaftarkan anaknya ke lembaga bimbel tersebut, hanya karena anaknya ingin lulus??? (dalam arti bisa mengerjakan soal-soal seperti itu). Akhirnya, saya kasihan melihat siswa-siswi yang seharusnya setelah pulang sekolah mereka istirahat,melakukan hobinya atau melakukan kegiatan positif lainnya. Eh, malah belajar lagi di tempat les dan gak tanggung-tanggung bahkan sampai malam sekitar jam 8 itu baru selesai tuh belajar di tempat bimbel, sampai rumah jam berapa ya? Anda bisa bayangkan sendiri, esoknya begitu lagi, begitu lagi, dan begitu lagi.

Yah, memang ini semua bermula dari tuntutan dunia pendidikan kita, betul ga? Ya, menurut saya seperti itu. Contohnya saja dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Kalo denger kata UN saya jadi kasihan sama siswa-siswi kita, yang harus bisa menyelesaikan soal-soal UN agar bisa LULUS. Ya, lagi-lagi kita liat soal-soal yang diujiankan, gak jauh dari yang namanya hitungan dan hafalan. Ya, otomatis misalnya saja untuk SMA. Berarti selama dia sekolah dari kelas 1-3 dituntut terus untuk mengerjakan soal-soal. Yah  mau gimana lagi, lah wong ujian terakhirnya kaya gitu. Apakah setelah dia lulus. misalnya yang langsung kerja apakah dia akan mengerjakan soal-soal hitungan atau hafalan gituh? kayanya ga mungkin deh.

Ini adalah dunia pendidikan, bukan dunia pelatihan, hehe. Sudah jelas sekali yang namanya dunia pendidikan pasti di dalamnya ada sesuatu yang berbau pendidikan. Betul gak? kalian mungkin tahu apa pengertian belajar? Yap, belajar adalah proses perubahan tingkah laku seseorang. Yang pastinya menuju ke arah yang lebih baik. jadi belajar bukan proses perubahan seseorang agar bisa menyelesaikan soal-soal hitungan dan hafalan, hehe. 

Saya harapkan mudah-mudahan di kurikulum yang baru ini (2013) yang katanya lebih mengedepankan SIKAP daripada NILAI bisa membuat perubahan dalam sistem pembelajaran yang aneh di negeri ini. Mudah-mudahan bermanfaat. (ahmad fauzi)

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.
Salam Santun..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Translate