Pages

Rabu, 29 Januari 2014

Tips Menulis Bagus

Mau Tau Tips Agar Tulisan Tangan Anda 
Bagus dan Indah?

Tulisan tangan yang indah dan bagus memang menjadi dambaan seseorang, betul gak?. Menurut saya sih iya, hehe... bukan pengen dipuji dan bukan untuk pamer pada seseorang. Karena jika tulisan seseorang bagus pasti akan enak dipandang mata, termasuk oleh pembacanya, ya iyalah siapa lagi yang bisa menghibur diri kalo bukan kita sendiri, hehe. Menulis dengan tulisan tangan yang indah bisa dibilang gampang-gampang susah sih, tapi kita bikin gampang aja. Betul gak? Karena kalo susah terus kapan gampangnya atau kapan bisanya? Hehe.
Tulisan tangan yang indah dan bagus dan lain-lain bukanlah sebuah takdir, sekali saya ulangi bukanlah sebuah takdir. Mungkin kalian sudah tau apa itu takdir? kalian saya anggap sudah tau pasti pengertiannya, jadi ga usah dijelasin yah, hehe. Menurut saya, tulisan tangan yang bagus dan indah adalah sebuah pilihan, saya ulangi lagi sebuah pilihan. Jadi gak mungkin tulisan kita yang jelek dan ga bisa berubah jadi bagus. Kalo bahasa kerennya nothing impossible. Juga kebalikannya, ga mungkin tulisan kita yang bagus lalu menjadi jelek. Kalo ini namanya impossible, hehe.
Allah SWT menganugerahkan kepada kita dua buah tangan (bersyukur jika mempunyai dua tangan yang lengkap dan bersabar serta harus berprasangka baik kepada Allah jika dianugerahkan oleh Allah kedua tangan yang masih ada sedikit kekurangan. Allah tidak pernah salah dalam menciptakan makhluk-Nya dan itu adalah yang terbaik yang diberikan Allah karena hanya Dia lah yang Maha Tahu dan Berkehendak, jangan jadikan hal itu beban dalam hidup, teruslah berusaha dan bersemangat).
Nah, so bagaimana caranya agar tulisan kita menjadi bagus dan indah? Sebenarnya tips ini sangat sederhana asalkan kita mau mencobanya dan Insya Allah akan ada perubahan dari waktu ke waktu (bisa detik, menit, jam, dll asal jangan tahunan, hehe)...oke langsung saja kali yah (kayanya ga sabar nih hehe).
Kata kuncinya, tips agar tulisan kita bagus dan indah adalah Habit (kebiasaan). Seseorang yang ahli dalam bidang tertentu itu karena mereka mau melakukannya secara berulang-ulang atau dibiasakan sehingga mereka menjadi ahli dalam bidang itu. Dari mulai puluhan kali, ratusan kali, bahkan ribuan kali. Contohnya seorang yang ahli dalam menggambar dan melukis, pasti dia melakukan hal itu berulang-ulang dan dibiasakan sehingga mereke menjadi ahli dalam menggambar, jadi gak mungkin instan ujug-ujug langsung bisa menggambar.
Contoh lain misalnya seorang hafidz qur’an. Apakah dia ujug-ujug langsung hafal al-qur’an? Tentu tidak kan?. Mereka para pengahfal qur’an pasti melakukan yang namanya kebiasaan. Kebiasaan apa? Yaitu kebiasaan untuk terus berlatih secara berulang-ulang menghafal al-qur’an dan hasil akhirnya? Jadilah dia seorang hafidz qur’an. Contoh kecil lain, kalian kalian bisa baca sms di bawah ini?
Bunyi smsnya begini, “Km skrng dmn? Q tngg di grbang sklh, jgn lp y?” Apakah kalian dapat membacanya? Pasti kalo merasa anak agak-agak lebay ngerti tuh bacaannya..Nagku hayoo???ehehe. Nah Itulah yang dinamakan habit atau pembiasaan. Kenapa kalian bisa membacanya? Karena kalian sering membaca sms seperti itu, betul ga? Karena keseringan itulah kalian jadi terbiasa dan ahli dalam membaca sms seperti itu. Mungkin di bawah ini sedikit tips dari saya bagiaman agar tulisan kita bisa menjadi bagus...let’s see
1.   Saya tekankan lagi tulisan tangan yang indah bukan takdir, akan tetapi pilihan.
2.   Coba kalian kumpulkan tulisan-tulisan tangan seseorang yang bagus entah itu teman kalian, saudara kalian, guru kalian, dll bagaimanapun caranya itu terserah kalian yang penting dapet dah tuh sampel buat contoh, hehe. Atau bisa juga kalian cari tulisan-tulisan di zaman modern sekarang seperti di internet dan komputer.
3.   Setelah terkumpulkan tuh contoh-contohnya, cobalah kalian pilih dahulu satu dari sekian banyak yang kira-kira paling bagus untuk kalian tiru tulisan tangannya.
4.   Cobalah untuk menulis dengan tangan anda dan tiru tulisan yang bagus tersebut secara berulang-ulang, latih tangan anda untuk terus menulis sampai mirip dengan tulisan tersebut.
5.   Dalam setiap pengulangan menulis, cobalah untuk terus ke arah yang lebih baik. Artinya, tulisan anda harus diubah sedikit demi sedikit agar ada perubahan, jadi gak gitu-gitu aja, hehe.
6.   Insya Allah dengan begitu lama-kelamaan tulisan tangan anda akan berubah minimal ke arah yang lebih baik. Sehingga dengan sendirinya anda bisa mengembangkan sendiri tulisan anda, tidak tergantung dengan contoh tulisan yang anda tiru, hehe (be your self).
7.   Sekali lagi saya tekankan, tips ini butuh kesabaran dan kerja keras dari anda. Karena apapun hasil, itu tergantung anda. Jadi,,,,waspadalah2
8.   Dan terakhir saya tekankan lagi, kuncinya adalah pengulangan dan latihan terus, sehingga hasilnya nanti kalian akan menjadi ahli tulisan tangan (lebay banget ya).
9.   Mohon maaf jika tips ini bisa merubah tulisan tangan anda

Mohon maaf jika ada salah-salah kata,
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....


(Ahmad Fauzi)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Translate